Anda diciptakan sama,namun anda diselamatkan untuk menjadi "BERBEDA"

18 February 2008

Family Tips - Gary Chapman 5 Language of Love

Mengenal ungkapan kasih sayang :

1. Anda memilih “kata-kata penguatan” sebagai bahasa cinta yang utama. Anda merasa dicintai ketika orang lain menghargai anda dan memahami cara anda menghadapi tugas-tugas yang luar biasa.
Cth : “Terima kasih bu, masakannya enak sekali !”, “Nak..Bapak/Ibu bangga punya anak seperti kamu !”
2.Anda memilih “Kualitas Waktu” sebagai bahasa cinta saya yang utama. Anda merasa sangat dekat dengan orang itu ketika anda menerima perhatian yang hanya terfokus pada anda.
Cth : Menemani anak mengerjakan PR, menonton TV dan bermain. Menemani suami yang makan bersama. Menemani istri menonton TV, makan, memasak.
3.Anda memilih “menerima hadiah” sebagai bahasa cinta anda yang utama. Ungkapan cinta dalam bentuk hadiah meyakinkan anda bahwa orang itu tidak hanya memikirkan anda, tetapi juga perduli terhadap anda.
Cth : Memberikan hadiah anak untuk kenaikan kelasnya. Memberikan hadiah istri/suami saat ulang tahunnya.
4.Anda memilih “Tindakan melayani” sebagai bahasa cinta yang utama. Anda merasa sangat dicintai ketika seseorang membantu memikul tanggung jawab anda.
Cth : Membantu anak saat mengerjakan PR, membantu istri yang sedang mencuci/mengosok pakaian, memyiapkan kopi/the buah suami.
5.Anda memilih “Sentuhan fisik” sebagai bahasa cinta kita yang utama. Anda merasa sangat dicintai ketika anda kontak dengan orang lain. Anda senang dipeluk dan merasakan sentuhannya.
Cth : Memeluk, merangkul, mencium, mengelus punggung, menggandeng tangan, dll.

Tentu anda tidak diharapkan mengenal bahasa cinta anda sendiri. Namun anda belajar untuk memahami bahasa cinta yang diharapkan oleh orang yang anda kasihi.


No comments: