Anda diciptakan sama,namun anda diselamatkan untuk menjadi "BERBEDA"

24 July 2008

ORANG BIASA MELAKUKAN HAL LUAR BIASA

Dia dilahirkan dengan wajah cantik, saat gadis berharap menikah dengan anak Lurah yang ditaksirnya. Sedih saat ibunya menangis tidak dapat pinjaman uang untuk merayakan lebaran. Menikah dan cerai karena ingin bisa memiliki harta benda yang lebih banyak, dari perkawinan pertama ini, melahirkan satu anak namanya sugeng (ikut dieksekusi).
Ke Jakarta, mengadu nasib dari pelayan rumah makan hingga menjadi hostes. Setelah punya modal, dia berbisnis wisman pelacuran di Dolly, Surabaya. Yang akhirnya berpatungan dengan Letkol Purwanto memiliki rumah border. Dari sana Sumiarsih terikat hutang dengn Letkol Purwanto akibat kekurangan setoran yang harus dia setor setiap bulannya dan diperberat dengan bunga dan denda. Dari tekanan itulah dia merencanakan pembunuhan yang sadis.
Menjelang eksekusi, Dia mengakui Yesus adalah Tuhannya. Setelah itu dia berharap ada mujizat untuk eksekusi dirinya. Dan menjelang sehari eksekusinya, dia mengatakan dia akan bertemu Yesus.
Jawa Pos mencatat, sugeng sangat takut berjalan menuju area eksekusi, hingga harus digotong, berbeda dengan sumiarsih yang sangat tenang.
Apa persamaan dan perbedaan anda dengan sumiarsih ?

Sumiarsih menurut saya adalah contoh sempurna dari perjalanan seorang Kristen. Bukankah kita sama dulunya bejatnya dan penuh dosa. Lalu diterima oleh Yesus, saat kita percaya. Saat sukacita atas janji-janji-Nya kita nantikan. Namun penderitaan tidak sedikit harus kita lalui, saat itu kita sangat haus akan mujizat. Penderitaan bisa saja Tuhan lalui, tidak demikian dengan kematian. Setiap kita akan menghadapi kematian dan mempertanggung jawabkan setiap iman dan panggilan kita. Sumiarsih sudah menjalani pertandingan iman dengan setia, bagaimana dengan kita ?
Saya terkagum dengan Pdt. Yani Lim. Dia adalah gembala Sumiarsih. Dia adalah orang yang tidak terkenal. Dia tidak setenar Gilbert, Stephen tong. Saya iri dengannya, karena dia orang biasa namun sudah melakukan hal yang luar biasa. Dia telah membawa Sumiarsih untuk mengenal Tuhan dan membimbingnya hingga tetap setia dengan imannya kepada Yesus Kristus.
Apa sih rahasianya agar kita bisa menjadi orang biasa namun melakukan hal yang luar biasa ?
1. Menuju tujuan Tuhan
2. Hidup dengan segenap potensi



1. Menuju tujuan Tuhan
Apa tujuan Tuhan bagi kita ?
Baca :
Efesus 2:10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Ada 3 kata penting dan maksudnya :
1.BUATAN ALLAH : Sadarilah bahwa kita dicipta, maka kita harus mencari tahu apa tujuan saya diciptakan. Agar kita tidak menjadi USELESS/tidak berguna
2.PEKERJAAN BAIK : melakukan semua yang mendatangkan kemuliaan Allah dan kebaikan bagi sesama. Bukan sebaliknya mempermalukan nama Tuhan, seperti : malas belajar hingga gagal naik kelas, mencuri, berbohong, melakukan kekerasan, merugikan orang lain, pelit menolong, rokok dan narkoba, free sex, pornografi, dll.
3.DIPERSIAPKAN ALLAH : setiap kita memiliki tanggung jawab yang unik dan spesifik. Kita tidak diciptakan secara masal, seperti : motor Honda yang dibuat ribuan per hari. Namun ditenun oleh Allah sendiri dan diberi misi khusus (MISSION POSSIBLE). Ingatlah teladan Daniel dan Ester.

2.Hidup dengan segenap potensi
Bagaimana cara kutu yang dimasukkan kedalam toples tidak bisa keluar, walau toplesnya tidak ditutup ? (Untuk diketahui, kutu bisa meloncat antara 30-50cm)
Kutu itu ditutup didalam toples terlebih dahulu. Kutu itu akan terus mencoba meloncat, hingga terbentur tutup toples. Berkali-kali dia lakukan itu, akhirnya dia tahu, aku tidak bisa meloncat melebihi itu. Nah dia akan meoncat dibawah tutup toples. Setelah itu kita buka tutup toples, kutu itu tetap akan meloncat tidak melebihi tutup toples.
Bagaimana gajah yang dirantai kakinya, tidak bisa melepaskan rantai tersebut ?
Sejak kecil, gajah itu dirantai kakinya. Dia akan berusaha melepaskan rantai itu, namun karena dia masih kecil, dia tidak mampu melepaskan rantai tersebut. Berulang-ulang kali gajah itu meronta, tapi tetap saja tidak bisa. Akhirnya dipikiran gajah saya tidak bisa melepaskan rantai ini, hingga gajah itu dewasa tetap tidak bisa melepaskan rantai tersebut..
Bukankah perjalanan iman kita juga bisa seperti itu. Kita sering menjadi pada umumnya. Seperti sekolah, asal kita memiliki angka di atas rata-rata kelas, kita sudah baik. Walau rata-rata kelasnya 6. Nilai kita 6,5, itu sudah bagus.
Tahukah anda, kita diberikan satu karunia yang sangat istimewa. Selain karunia keselamatan, setiap kita diberikan karunia rohani. Apa itu karunia rohani ?

Menurut penulis terkenal, karunia adalah kemampuan yang melampaui kemampuan diri, yang diberikan Allah bagi orang percaya agar bisa melayani dengan penuh kuasa dan membangun sesama tubuh Kristus.
1Korintus 12:11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.

Karunia inilah yang membuat “orang biasa melakukan hal yang luar biasa”.
Thomas Alfa Edison dan Albert Einsten adalah orang yang dilahirkan abnormal. Thomas Alfa Edison lahir dengan punismen dokter bahwa dia memiliki keterbelangan mental. Albert Einsten lahir dengan otak yang kebesaran. Mereka adalah orang biasa namun melakukan hal yang luar biasa.
Saya menngagkat topi buat siska, penyanyi rohani asal solo. Penampilan album keduanya di gereja saya, dia menceritakan kegagalan album pertamanya, karena suaranya diusia nanggung, membuat sedikit kelarisan albumnya. Namun dia sekarang sudah mengeluarkan albumnya yang keempat. Saya kategorikan dia adalah orang biasa yang melakukan hal yang luar biasa.
Apakah melakukan hal yang luar biasa adalah miliki segelintir orang ? saya katakan tidak, karena Tuhan sudah memberikan karunia kepada kita, kemampuan yang melebihi kemampuan manusia. Itulah yang menjadi bekal bagi kita untuk melakukan hal yang luar biasa.
Kalau begitu, mengapa hanya sedikit orang yang melakukan hal yang luar biasa ?
Karena banyak orang melakukan hal di bawah ini :
· Tidak mau menjadi manusia pembelajar;
Belajar dari kesalahan, itulah kunci sukses Microsoft co. Sebelum mengeluarkan versi software terbarunya, ada tim yang mengumpulkan semua komplain di seluruh penjuru dunia. Dengan bekal itulah mereka merevisi versi software sebelumnya.
· Tidak tekun
Komentar Thomas A. Edison : “Keberhasilan adalah 2% inspirasi dan 98% kerja keras.”
Inggris kalah dr turki : Pada 15 Maret 1915, angkatan Laut Inggris menyerang armada Turki di selat Dardanella. Terjadilah perlawanan dengan rentetan tembakan yang dasyat dari pantai. Tiga kapal telah ditenggelamkan dan akhirnya, menjelang tengah hari, Angkatan Laut Inggris mundur tanpa hasil apa pun dalam pertempuran tersebut. Yang tidak pernah diketahui adalah bahwa pasukan Turki sebenarnya hanya mempunyai amunisi yang cukup untuk enam puluh detik lagi dan saat itu mereka siap untuk menyerah.

Seandainya Angkatan Laut Inggris lebih gigih dan terus melanjutkan serangannya, mereka pasti sudah merebut Selat Dardanella.
· Cepat puas
Tidak beralih dari satu keberhasilan kecil ke keberhasilan yg lebih besar

Allah memakai orang biasa untuk melakukan hal yang luar biasa. Buktinya : Abraham berusia tua, Yakub orang yang plin plan, Lea tidak menarik, Yusuf diperlakukan dengan kejam, Musa gagap, Gideon miskin, Rahab seorang pelacur, Daud melakukan perselingkuhan, Elia mau bunuh diri, Yeremia hilang semangatnya, Yunus enggan susah, Naomi seorang janda, Petrus meledak-ledak, Marta banyak kuatir, wanita Samaria mengalami perkawinan yang gagal, Zakheus tidaklah terkenal, Tomas si peragu, Paulus mengalami kesehatan yang buruk, dan Timotius si pemalu.
Sudahkah kita menjadi orang yang biasa namun melakukan hal yang luar biasa ?

No comments: