Anda diciptakan sama,namun anda diselamatkan untuk menjadi "BERBEDA"

24 October 2007

MENEMUKAN KUASA DLM PIKIRAN

Pikiran adalah Magnet
1.Tinggal dlm pikiran depresi, anda akan mjlni kehidupan yg penuh depresi.
2.Terus menerus menuju pikiran negatif, anda akan memiliki gaya hidup negatif.
3.Pikiran yg selalu melihat masalah, anda selalu kedatangan masalah
4.Memiliki pikiran kegagalan, anda akan mjd gagal
5.Pikiran ditakdirkan mjd biasa-biasa saja, anda akan hidup dgn prestasi biasa2
Awasi pikiran anda :

Siang dan malam, musuh akan menyerang pikiran anda dgn pikiran2 spt :
“Engkau tdk akan pernah berhasil. Tak seorgpun dlm keluargamu pernah mencapai hal yg berarti. Engkau tdk cukup pandai. Orgtuamu miskin. Nenekmu selalu depresi. Kakekmu tdk pernah punya pekerjaan tetap. Engkau hanya dilahirkan dlm keluarga yg salah.”

Apa kata Ahli dan Alkitab ?
Engkau bukanlah apa yg menurutmu engkau. Apa yg engkau pikirkan, itulah engkau

Kita tdk dpt memilih siapa yg akan mjd kerabat kita, ttpi kita dpt memilih pikiran2 kita; pikiran2 itu jauh lbh banyak pengaruhnya pd kita.

Ubahlah pikiranmu dan engkau akan mengubah dunia.

Alkitab : Ef 4:22-24

Frank Outlay berkata :
Awasi pikiranmu; pikiranmu mjd perkataan.
Awasi perkataanmu; perkataanmu mjd tindakan.
Awasi tindakanmu; tindakanmu mjd kebiasaan
Awasi kebiasaanmu; kebiasaanmu mjd karakter
Awasi karaktermu; karena karaktermu mjd nasib !

Mengisi pikiran dengan Kebenaran (melalui Firman Tuhan)
Ada kisah ttg org Eskimo, yg suatu ketika membuat anjing2 penarik keretanya bersaing satu sama lain dlm perlombaan menarik beban. Org Eskimo tua itu mempunyai seekor anjing hitam dan seekor anjing putih. Yang menganggumkan, org Eskimo tua ini selalu bertaruh atas anjing yg mjd pemenang. Lama stlh kedua anjing itu pensiun, salah satu penduduk desa bertanya bgmn ia selalu tahu yg mana dr kedua anjing yg seimbang itu tahu yg harus dipasang taruhan ? “ Sgt mudah”, kata org Eskimo tua itu. “Saya bertaruh atas anjing yg sdh saya beri makan sepanjang minggu.”
Berkualitas tdknya pikiran anda, tergantung makanan apa yg anda berikan. Jika pikiran diberi makan hal yg rendah dan penuh nafsu, mk itulah yg akan menguasai hidup anda. Jika pikiran diberi makan dgn hal yg benar dan positif, mk anda akan menjlni hidup dgn keyakinan dan bahagia.

Bingkailah pikiran Anda dengan hal yang positif :
Dasarnya :
“Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yg benar, semua yg mulia, semua yg suci, semua yg manis, semua yg sedap didengar, semua yg disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.”

Saya pernah membaca suatu kisah ttg petani yg positif dan seorg yg negatif. Saat hujan turun di negeri itu, petani yg positif itu berkata, “Terima kasih Tuhan, krn sdh menyirami tanaman kami”
Petani yg negatif itu berkata, “Ya, ttpi jika hujan ini terus turun, hujan ini akan membuat akar busuk, dan kita tdk akan pernah mendpt panen.”
Matahari muncul dan petani yg positif itu berkata, “Terima kasih Tuhan, atas sinar matahari ini. Tanaman kami sdg mendptkan vitamin dan mineral yg diperlukan. Kami akan mendpt panen besar tahun ini.”
Petani yg negatif itu berkata, “Ya, ttpi jika ini terus tjd, sinar matahari ini akan melayukan tanaman2 itu. Kita tdk akan pernah mendpt nafkah.”
Suatu hari kedua petani itu pergi berburu angsa bersama, dan petani yg positif itu membawa serta anjing pemburu burungnya yg baru. Ia bgt bangga atas anjing itu shg ia tdk dpt menunggu utk memperlihatkannya. Mereka keluar dgn sebuah perahu dan menunggu. Tdk lama kemudian, seekor angsa besar terbang di atas kepala. Bum ! petani yg positif itu menjatuhkan burung tsb di tengah danau. Ia berpaling kpd sahabatnya dan berkata, “Sekarang lihatlah apa yg dpt dilakukan anjing ini.” Anjing tsb melompat keluar perahu dan berlari di atas air, mengangkat angsa tsb, berlari kembali di atas air, dan menaruh burung itu di dasar perahu dgn sempurna. Petani yg positif itu tersenyum lebar. Ia berpaling kpd sahabatnya dan berkata, “Bagaimana pendapatmu ?”
Petani yg negatif itu menggelengkan kepalanya dgn jijik, “Tepat seperti yg kukira”, ia berkata. “Anjing itu tdk pernah dpt berenang”

Psikologi yakin kehidupan kita bergerak sesuai/segaris lurus/seiring arah pikiran2 kita. Jika pikiran2 sukacita, damai sejahtera, kelimpahan maka kehidupan anda akan bergerak spt itu.

Contoh bingkai pikiran positif :
Kegagalan adl peristiwa bukan pribadi
Hari kemarin sesungguhnya berakhir tadi malam
Allah punya rencana yg baik buatku
Bagi Allah segala sesuatu mungkin
Engkau memanggilku utk mjd kepala bukan ekor
Dll

Caranya :
1.Transformasikan cara berpikir salah dengan berpikir benar (Roma 12:2) : “mengganti semua rekaman lama dalam otak saya dengan rekaman yg baru” (bahasa sehari-hari)
2.Tetaplah penuh iman dan berharap pd Tuhan
Anda tentu tahu cerita Daud menghadapi raksasa Goliat. Ia tdk menggerutu dan mengeluh serta berkata, “Tuhan, mengapa aku selalu punya masalah2 yg besar ini ?” Tidak, ia mengubah seluruh keadaannya melalui kata2 yg keluar dr mulutnya. Ia tdk tinggal diam dlm kenyataan bahwa Goliat 3x lebih besar drnya. Ia jg tdk tinggal dlm kenyataan Goliat adl seorg pejuang yg jago dan ia hanyalah seorg anak penggembala. Tdk, ia tdk memusatkan perhatiannya pd besarnya penghalang di depannya. Namun ia memusatkan perhatian pd kebesaran Tuhannya.
Saat Goliatmelihat betapa muda dan kecilnya Daud, ia mulai tertawa. Ia mengejek, “Apakah aku anjing shg engkau datang kpdku dgn sebatang tongkat ?”
Ttpi Daud memandangnya tepat di mata, dan dgn tekad besar, ia berkata, “Dengar, Goliat, engkau datang kpdku dgn sebilah pedang dan sebuah perisai, ttpi aku datang melawanmu dlm nama Tuhan Israel.”
Nah, itulah contoh kata-kata yg penuh iman dan berharap penuh kpd Tuhan.

Kisah Melisa bgt mengagumkan. Ia dibesarkan dlm keluarga pecandu alkohol yg suka menganiaya; berpikir utk bunuh diri pd saat berusia 12 thn; menikah dg suami yg suka menganiaya agar dpt melarikan diri dr situasi dlm keluarganya yg suka menganiaya jg pd saat berusia 18 thn.; dan terus-menerus sakit akibat stress emosi. Melisa dulu bekerja sbg seorg penata rambut dan tdk pernah bekerja di kantor ketika ia merespons sebuah iklan lowongan kerja dan terpilih dgn mengalahkan calon2 yg lbh berkualifikasi drpd dirinya. Sejak dia masuk kerja, ia mulai membanjiri pikirannya dg hal2 yg benar. Ia mendengarkan rekaman2 motivasi dan rekaman2 rohani “tanpa henti” Ia bahkan mendengarkan radio Kristen. Ia jg mulai pergi ke sekolah malam utk meningkatkan pendidikannya. Ia berhenti menonton tayangan2 TV yg tdk konstruktif/membangun dan ia berhenti membaca majalah2 yg membuatnya merasa buruk ttg dirinya. Ia berdoa terus, berhenti bertemu dgn org2 yg tdk memberi pengaruh positif, sebaliknya ia selalu berada di sekeliling org2 yg ia kagumi dan hormati. Melisa mulai menanjak dlm karirnya. Kini, ia adl wakil presiden dr perusahaan swasta terbesar. Gajinya berkembang dr 65rb dollar mjd 6 digit setahun.
Ia masih mempraktekkan kebiasaan2 yg menyebabkan hidupnya berubah. “Saya terus-menerus membuat pilihan utk tetap mengawasi apa yg saya masukkan ke dlm pikiran saya, krn saya tahu pilihan2 yg saya buat hari ini akan mempengaruhi sisa hidup saya – baik positif dan negatif.




No comments: